12 Tempat Memasang Promosi Produk Jika Berjualan di Facebook

Jika kamu seorang berbisnis online kamu bisa memanfaatkan ini jika berjualan di Facebook. Tempat-tempat di Facebook yang bisa dilakukan atau dimanfaatkan untuk berjualan produk. Cara ini sudah diterapkan oleh banyak orang. Namun kamu harus memilih cara yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini rinciannya.



1. Promosi di Akun Facebook Pribadi atau Personal


Bagi yang memiliki akun Facebook personal bisa dimanfaatkan untuk berjualan online. Di Facebook personal kita punya kuota 5000 orang untuk menjadi teman kita. Jadi kita bisa mendapatkan 5000 orang sebagai teman kita di Facebook. 5000 orang ini bisa menjadi calon konsumen. Di Facebook kita bisa berjualan di kolom status Facebook yang kita miliki.


2. Berjualan di Forum Promosi atau Komunitas Jual Beli di Facebook


Bagi yang ingin berjualan di Facebook bisa memanfaakan forum atau komunitas online di Facebook. Ada baiknya pilih forum yang khusus untuk Jual Beli. Forum jual beli juga terbagi beberapa macam, ada yg forum khusus jual beli handphone, motor, rumah, fashion dan lainnya.

Pilihlah forum yang sesuai dengan produk yang kita jual. Jika kita berjualan handphone maka pilih forum yang khusus untuk jual beli handphone. Jika salah masuk forum promosi maka postingan akan dianggap SPAM. Alhasil produk menjadi tidak laku.


3. Berjualan di Fanspage atau Halaman Facebook


Kalau berjualan di Facebook kita bisa memanfaatkan halaman Facebook. Mengapa menggunakan halaman Facebook? Karena jangkauan halaman Facebook bisa lebih luas. Halaman Facebook bisa disukai atau diikuti oleh lebih dari 5000 orang.

Postingan dihalaman Facebook juga berpeluang muncul di mesin pencari Google, Bing dan Yahoo. Jadi promosi berjualan kita bisa muncul di beberapa tempat.


4. Promosi Jualan Produk Menggunakan Layanan Promosi Berbayar yaitu Facebook Ads


Postingan di halaman Facebook juga bisa di promosikan menggunakan layanan berbayar dari Facebook yaitu Facebook Ads. Facebook Ads ini sudah digunakan oleh banyak UKM, perusahaan besar dan lembaga tertentu untuk kegiatan promosi. Cara ini membutuhkan biaya dan anggaran khusus, tapi jangkauan promosi bisa lebih luas lagi. Tak jarang promosi menggunakan Facebook Ads berpotensi menjadi viral.


5. Promosi Jualan Produk Menggunakan Catatan atau Note di Facebook


Bagi yang memahami cara membuat catatan atau note di Facebook ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promosi. Mengapa merekomendasikan promosi di catatan Facebook? Jawabannya, karena catatan Facebook lebih sering muncul dimesin pencari Google dibandingkan jika promosi dikolom status.

Fitur ini sangat direkomendasikan untuk promosi jangka panjang. Karena postingan di catatan Facebook tidak bisa langsung muncul dimesin pencari dalam waktu singkat. Catatan di Facebook bisa muncul dimesin pencari dalam waktu sekian bulan. Tentunya dalam menulis catatan Facebook harus memahami teknik SEO. Teknik SEO di Facebook ini mirip dengan teknik SEO di blog ataupun website.


6. Menggunakan Fitur Katalog Promosi Produk yang Dijual di Halaman Facebook


Ada salah satu fitur promosi yang bisa dimanfaatkan di halaman Facebook mirip dengan katalog produk. Fitur ini bisa menampilkan foto produk yang dijual lengkap dengan harganya. Kita juga bisa memilih foto yang menarik untuk produk yang dijual tersebut. Fitur ini gratis.


7. Memberikan Informasi Produk Dijual Melalui Pesan atau Inbox


Memberikan informasi melalui inbox merupakan trik yang pernah saya lakukan. Walaupun terkesan merepotkan, namun trik ini akan memberikan kesan kepada pengguna sosial media Facebook. Lagipula, meskipun mereka tidak membalas secara langsung namun mereka akan mengetahuinya. Apalagi orang akan langsung penasaran jika mendapatkan inbox dan ingin langsung membukanya.


8. Memasang Informasi Produk di Dinding Facebook


Meskipun kita sudah berjualan di tempat yang sebelumnya sudah disebutkan. Ada lagi tempat yang cocok untuk berjualan produk yaitu dinding Facebook. Sekarang ini dinding Facebook bisa dipasang video promosi dan foto. Kita bisa memilih salah satunya.


9. Promosi di Kolom Komentar (SPAM)


Cara ini banyak diterapkan oleh pemilik situs judi online. Mereka suka berkomentar di postingan status yang populer. Lalu mereka pasang iklan promosi dikomentar. Cara ini memang bagus. Namun cara ini tidak direkomendasikan karena bisa menganggu orang lain.


10. Promosi dengan Menandai Akun Facebook Orang Lain (SPAM)


Cara ini memang bagus karena jangkauan iklan dengan cara seperti ini bisa lebih luas. Namun membagikan postingan dengan menandai akun orang lain ini termasuk mengganggu. Cari ini boleh dilakukan jika sudah mendapatkan izin.


11. Promosi Langsung Didinding Facebook orang lain Facebook orang lain (SPAM)


Cara promosi mudah bisa memanfaatkan dinding wall orang lain. Pilihlah orang yang profilnya ramai dikunjungi. Orang yang dimaksud adalah mereka yang sudah berteman dengan kita. Kita pun bisa memasang postingan produk yang kita jual di sana. Cara ini sering dilakukan, namun ini termasuk spam karena bisa mengganggu orang lain.


12. Promosi ke Fanspage atau Halaman Facebook yang Memiliki Kategori Produk yang Sama dengan Kita (SPAM)


Promosi mudah berikutnya adalah memasang promosi di dinding halaman Facebook yang memiliki kategori produk yang sama. Contoh ada halaman Facebook yang menjual madu dan kita juga menjual madu. Nah kita bisa memasang postingan promosi jualan produk madu yang kita jual.


Kesimpulannya


Itulah cara promosi produk yang dijual di Facebook. Cara tersebut sudah diterapkan oleh banyak online shop. Cara yang disampaikan disini ada cara baiknya ada pula cara yang buruk. Namun saya menyarankan agar menggunakan cara yang baik dan tidak mengganggu orang lain. Singkat kata jangan menggunakan cara SPAM.