Apakah Skandal data Facebook–Cambridge Analytica berdampak pada Facebook Ads yang Kita Gunakan?

Jika ada yang menanyakan hal ini jawabannya sebenarnya tidak memiliki dampak apa-apa. Hanya saja sebagian kecil dari rekan kita yang menggunakan Facebook menghapus akun mereka. Namun meskipun kasus tersebut ramai diperbincangkan tapi saat ini masih banyak orang Indonesia yang masih menggunakan Facebook.

Apakah Skandal data Facebook–Cambridge Analytica berdampak pada Facebook Ads yang Kita Gunakan?


Inti dari Facebook Ads adalah iklan kita di Facebook akan ditampilkan kepada pengguna Facebook yang lainnya. Jadi meskipun ada satu atau dua pengguna yang menghapus akun Facebooknya namun itu tidak berpengaruh apa-apa. Toh dengan sendirinya iklan kita akan ditampilkan kepada pengguna Facebook lainnya yang masih aktif.

Jadi intinya skandal yang terjadi di Facebook tidak berdampak pada Facebook Ads, karena masih banyak pengguna yang masih menggunakan Facebook. Facebook Ads akan berdampak jika pengguna Facebook dalam jumlah besar ramai-ramai menghapus akun Facebooknya.

Anggap saja ada 1 miliar pengguna yang menghapus akun Facebook, maka ini pasti akan terasa dampaknya untuk performa Facebook Ads. Tapi kalau hanya 5 juta pengguna yang menghapus akun Facebooknya maka ini tidak terlalu berdampak bagi Facebook Ads yang kita gunakan.