Pengenalan: Apa itu Google Ads atau Google Adwords?

Apa itu Google Ads atau Google Adwords? - Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang Google Ads sebelumnya Google Adwords. Google Ads adalah layanan iklan online yang dikembangkan oleh Google yang mana dengan layanan ini kita bisa mempromosikan berbagai produk dan layanan yang kita miliki kepada konsumen dalam melalui layanan milik Google.

Menggunakan Google Ads memungkinkan kita bisa beriklan di mesin pencari Google, di Youtube, di Gmail, di aplikasi Android dan website yang bekerjasama dengan Google.

Pengenalan: Apa itu Google Ads atau Google Adwords?


Sistem perhitungan google Ads ini kita akan membayar iklan sesuai dengan jumlah klik. Semakin banyak yang klik maka sebanyak yang harus dibayar. Misalnya kita beriklan di mesin pencari Google untuk produk sepeda motor. Iklan tersebut akan tampil di halaman pencarian Google, jika diklik orang lain maka kita harus membayar sebesar Rp1.000 setiap klik.

Harga per klik ini bisa berubah tergantung jumlah pemasang iklan. Jika ramai yang memasang iklan yang sama maka Google akan menerapkan sistem lelang. Siapa yang sanggup membayar mahal maka Google akan menempilkan iklan dengan bayaran paling mahal diposisi pertama.

Bayaran ini bisa berubah tergantung dengan banyaknya orang yang beriklan. Semakin banyak yang beriklan Google adwords dengan kata kunci yang sama maka bayarannya semakin mahal.

Google Ads sebelumnya memiliki nama Google Adwords. Program Google Adwords ini diluncurkan pada tahun 2000 kemudian layanan Google ini berkembang sampai saat ini. Kemudian pada 24 Juli 2018 Google Adwords berganti nama menjadi Google Ads.

Iklan Google Ads dinilai lebih efektif dibandingkan dengan beriklan di sosial media karena ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar mencari produk, sehingga target penjualan yang ingin dicapai bisa dicapai.

Tidak heran jika perusahaan e-commerce dan perusahaan lainnya mengoptimalkan Google Adwords untuk mendapatkan penjualan produk.

Tercatat banyak perusahaan yang menggunakan Google Ads diantaranya Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Blibli, PegiPegi dan masih banyak lagi. Bahkan perusahaan kecil dan bisnis perorangan banyak yang menggunakan Google Ads.